Senin, 24 September 2012

proposal usaha


BAB II
RENCANA BISNIS

2.1       Deskripsi Usaha
2.1.1    Bidang usaha
            Bidang usaha yang kami rencanakan dalam proposal ini adalah berupa jasa dan produk. Jasa yang kami tawarkan adalah jasa pembayaran rekening listrik dengan sistem PPOB (Point Payment Online Bank) dan juga jasa pengisian pulsa M-KIOS. Sedangkan produk yang kami tawarkan yaitu berupa rokok dan permen yang kami jual di loket tersebut. PPOB ini adalah konsep memadukan dua unsur bisnis yang berbeda antara loket pembayaran listrik dengan sistem bisnis pulsa elektrik berbasisn all operator dengan cakupan Aceh-Sumut. Perlu diingat bahwa usaha ini telah ada saat ini, tetapi pada saat ini hanya menjual jasa pembayaran rekening listrik saja. Dengan hanya bisnis pembayaran rekening listrik ini saja sudah dapat menghasilkan profit yang cukup lumayan, yaitu sekitar Rp 400-500 ribuan per bulannya. Untuk itu kami ingin memajukan usaha ini lebih berkembang lagi, agar profit yang dihasilkan dapat lebih maksimal lagi.

2.1.2 Jenis Produk
            Jenis produk yang kami tawarkan dalam usaha ini adalah berupa jasa dan produk, dengan jasa sebagai usaha utama, sedangkan produknya sebagai penjualan sampingan yaitu berupa rokok dan permen.
2.1.3 Kegunaan, Keunggulan dan Keunikan Produk
            Adapun kegunaan,keunggulan dan keunikan produk utama yang kami tawarkan diantaranya adalah:
1). Dapat digunakan untuk melakukan pembayaran listrik baik pra maupun pasca bayar.
2). Pembayaran dapat dilakukan secara cepat karena menggunakan sistem online.
3). Dapat melakukan pembayaran dengan cara mentransfer ke rekening kami tanpa harus datang ke loket kami.
4). Harga pulsa yang kami tawarkan relatif lebih murah (harga mahasiswa).
2.1.4 Lokasi Usaha
            Lokasi tempat didirikannya usaha ini adalah di daerah Pasar Pagi Desa Batuphat Timur Kec.Muara Satu Kota Lhokseumawe. Alasan mengapa kami memilih lokasi tersebut adalah karena selain usaha ini telah ada sebelumnya di lokasi ini, juga lokasi ini kami anggap cukup layak karena lokasi ini cukup ramai, sebab setiap hari terjadi kegiatan transaksi ekonomi sehingga banyak orang-orang yang datang ke daerah ini baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli.
2.1.5 Waktu
            Pada usaha pengembangan Payment Point Online Bank (PPOB) dan pulsa ini direncanakan pembuatan laporan keuangan dan pertanggungjawaban dalam kurun waktu per bulan.
2.1.6 Dampak Usaha Terhadap Lingkungan
            1. Dampak Ekonomi
                        a. Dapat menambah penghasilan bagi pengusaha bisnis tersebut.
b. Menambah pendapatan terhadap orang yang memiliki lapak tempat usaha ini didirikan.
            2. Dampak Sosial
                        a. Dapat mengurangi pengangguran dengan membuka usaha baru.
b. Mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan listrik.
            3. Dampak Budaya
a. Memperkenalkan budaya penggunaan internet dan perbankan dalam melakukan pembayaran sistem PPOB ini.

2.1.7 Risiko Bisnis
            Adapun beberapa kemungkinan risiko bisnis yang terjadi pada usaha pengembangan PPOB dan pulsa ini adalah:
1). Masih kurangnya pengetahuan masyarakat bahwa pembayaran rekening listrik tidak perlu dilakukan di kantor PLN secara langsung.
2). Adanya usaha sejenis di daerah ini meskipun hanya satu.
3). Adanya pungutan liar yang dilakukan oleh beberapa oknum tertentu sehingga dapat mengurangi profit usaha.
4). Banyaknya pesaing usaha penjualan pulsa elektrik di daerah tersebut.

2.2 Rencana Pemasaran
2.2.1 Target Konsumen
            Target konsumen dari usaha ini adalah masyarakat sekitar yang tinggal disekitar daerah Desa Batuphat dan sekitarnya, serta orang-orang yang lalu lalang disekitar pasar pagi Batuphat Timur. Selain itu mahasiwa-mahasiswi Universitas Malikussaleh juga kami jadikan sasaran utama penjualan pulsa usaha kami ini.
2.2.2 Wilayah Pemasaran
            Wilayah pemasaran utama usaha pembayaran rekening listrik ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah Batuphat Timur, Batuphat Barat, Blang Pulo dan sekitarnya. Sedangkan target utama penjualan pulsa adalah Mahasiswa/i Universitas Malikussaleh serta orang-orang yang lalu lalang disekitar pasar pagi Batuphat Timur.
2.2.3 Situasi Persaingan
            Berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan saat ini, usaha bisnis pembayaran rekening listrik ini cukup menjanjikan, karena di daerah tersebut hanya ada satu usaha sejenis yang tentunya sebagai pesaing utama untuk target market usaha ini. Sedangkan usaha pengisian pulsa elektrik ini memang sudah cukup banyak di daerah tersebut, namun kami akan memanfaatkan posisi kami sebagai mahasiswa untuk dapat menawarkan jasa pulsa ini kepada teman-teman sesama Mahasiswa di Universitas Malikussaleh, tentunya dengan harga yang bersahabat dengan Mahasiswa dan juga dapat dilakukan dengan pembayaran kredit.
2.2.4 Jumlah dan Harga Produk
            Jumlah saldo pembayaran rekening listrik dan pulsa tidak terbatas, dimana apabila saldo habis, maka kami akan melakukan pembayaran lagi ke bank untuk membeli saldo lagi, begitupun dengan pulsa, rokok, dan permen. Harga rekening listrik sesuai dengan tagihan listrik aslinya, sedangkan harga pulsa M-KIOS yang kami jual berbeda Rp 1000 dari harga pulsa aslinya. Misalkan pulsa Rp5000, kami jual Rp6000, pulsa Rp10.000, kami jual Rp11.000,dst. Sedangkan harga rokok dan permen kami jual sesuai dengan harga pasar.

2.4 Rencana Produk
2.4.1 Alat/Tekologi
            Beberapa peralatan/teknologi yang akan digunakan pada usaha ini diantaranya adalah satu unit komputer(sudah ada), satu buah modem(sudah ada), satu unit lemari kaca untuk tempat pajangan rokok dan kartu perdana operator telekomunikasi(belum ada), satu unit toples tempat permen(sudah ada).
2.4.2 Proses Jalannya Usaha
            Alur usaha ini sebenarnya sangatlah simpel, yaitu menggunakan sistem PPOB(Point Payment Online Bank). Kami akan membeli saldo untuk pembayaran rekening listrik untuk kemudian kami jual kepada konsumen. Keuntungan yang kami peroleh adalah sebesar Rp1000 per lembar slip pembayaran.begitu juga dengan usaha penjualan pulsanya. Sedangkan penjualan rokok dan permen kami lakukan seperti yang lainnya, dengan cara membeli produk dari grosir, baru kemudian kami jual lagi kepada konsumen.
2.4.3 Target Usaha
Target yang kami harapkan dari usaha ini yaitu 400 lembar slip pembayaran rekening listrik, 300 ribu keuntungan penjualan pulsa, 200 ribu penjualan rokok, dan 100 ribu penjualan permen.
2.4 Rencana Manajemen
2.4.1    Bentuk usaha
Usaha yang dirintis ini merupakan bentuk persekutuan (partnership) adalah badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Dapat dikategorikan dalam bentuk firma yang merupakan suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.




2.4.2 Struktur Organisasi
 







                                                                                                                                 
2.4.3    Jumlah tenaga kerja
            Pada usaha pengembangan PPOB (Point Payment Online Bank) dan pulsa ini kami sendiri yang akan  mengelola dan menjaga loket.
2.4.4  Rencana UKM Mitra
            Pada usaha kami ini, kami tidak menjalin kerja sama dengan jenis UKM lainnya, karena kami hanya berhubungan langsung dengan PLN melalui perantara bank. Sedangkan pulsa kami

2.5       Rencana Keuangan
2.5.1    Kebutuhan investasi dan modal kerja
            Adapun rencana anggaran biaya usaha PPOB (Point Payment Online Bank) dan pulsa pada terlampir 1.


2.5.2    Rencana laba/rugi
            Adapun prakiraan profit pengembangan usaha PPOB (Point Payment Online Bank) dan pulsa pada terlampir 1.

2.5.3    Benefit/Cost Rasio
Dalam pengembangan ekonomi suatu wilayah, analisis utama yang harus dikedepankan oleh pemerintah daerah adalah memperhatikan sejauh mana kontribusi suatu proyek dalam komunitas dan ekonomi lokal suatu wilayah. Berdasarkan hasil analisis ini, pemerintah dapat menentukan pilihan yang tepat dan anggaran dapat dialokasikan secara efektif. Pemilihan alternatif dan penentuan prioritas ini berkontribusi pada pencapaian anggaran berbasis kinerja, yang merupakan salah satu pilar reformasi anggaran.
Secara langsung pemerintah dapat merasakan manfat-manfaat dari usaha papan bunga ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
a)      Mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia khususnya Aceh Utara
b)      Menambah pendapatan daerah
c)      Membantu pemerintah dalam upaya menekan angka kemiskinan.
BAB III
PENUTUP
            Payment Point Online Bank (PPOB) merupakan layanan pembayaran tagihan listrik dan tagihan lainnya secara online real-time, diselenggarakan PLN, bekerjasama dengan dunia perbankan dan memanfaatkan fasilitas perbankan. Payment Point Online Bank (PPOB) dapat membantu pengamanan penerimaan pendapatan PLN serta percepatan aliran dana tunai karena uang tagihan listrik dari pelanggan langsung masuk ke account PLN di bank sehingga risiko pengelolaan kas PLN menjadi minimum. Dalam sistem PPOB ini peranan KUD menjadi berkurang.
            PPOB memunculkan peluang bisnis baru dimana pelanggan tidak hanya bisa memanfaatkan payment point membayar tagihan listrik, tetapi berkat kerjasama dengan mitra kerja yang pembayarannya dapat dilakukan melalui delivery chanel maka PPOB bisa juga digunakan untuk pembayaran telepon, PAM, cicilan kendaraan bermotor dan lain-lain.
            Kebutuhan pulsa juga saat ini sudah sangat menjanjikan, sebab hampir setiap orang memiliki lebih dari satu nomor kartu telepon seluler. Pulsa merupakan sistem pembayaran dari operator seluler dengan sistem prabayar maupun pasca bayar. Rokok dan permen merupakan produk sampingan yang banyak konsumennya. Meskipun rokok dan permen merupakan produk yang banyak memiliki risiko bagi kesehatan, namun konsumen produk ini tetap saja tinggi.
  
Demikian proposal pengembangan papan bunga ini kami susun. Dari hasil analisis kami mengenai peluang pemasaran, operasional, dan keuangan, kami optimis bahwa  usaha ini layak dan berpotensi tinggi untuk dikembangkan. Besar harapan kami mudah-mudahan pihak yang berkompeten dapat bekerja sama dalam pengembangan usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar